Tips dan Trick Internet dan Komputer

Punya ide unik atau iseng atau info lowongan kerja, dan anda pengen diposkan disini... silakan kirim ke email kami yah!.. revieads@gmail.com

Monday, December 20, 2010

Mengatasi Modem USB yang Selalu disconnect

Masalah disconect pada modem USB ini sudah pada rame di perbincangkan di forum-forum dan di blog, ini biasanya terjadi pada masalah driver, modem tiba seperti kehilangan driver atau USB Not Recognized ini biasanya terjadi setelah beberapa jam anda Online.
Dari awal sebetulnya saya sudah menduga bahwa ini adalah masalah kekurangan daya pada USB port di laptop saya, harap di ketahui USB pada Port ada yang cuma 500ma, sedangkan kebutuhan Modem USB biasanya 1 Ampare.

Kebutuhan power ini akan meningkat jika signal dalam kondisi tidak setabil, atau naik turun,
Nah untuk itulah saya pesan USB HUB dengan tambahan power suplay external, adalah berupa USB hub yang ada tambahan Adaptor AC nya yang berguna untuk mengatasi kekurangan daya pada modem USB, jika anda ingin membeli atau mencari keterangn USB plus AC adaptor silahkan tanya ke om google dengan keyword USB HUB plus AC Adaptor, biasanya pilihan yang tersedia dari mulai 4 port hingga 7 port.
ini adalah gambar USB hub plus AC Adaptor atau Usb Hub external power
USB + external power.jpg
Gak Punya ini??? Masih ada cara lain.. Baca terus…
Namun karena sampai sekarang tuh barang belum juga datang, dan saya gak mungkin tinggal diam dan menunggu gitu aja toh, sebab saya pernah menggunakan modem yang sama di kota lain dan baik-baik aja, alias gak disconect, nah itu artinya kebutuhan power modem juga bisa di minimalis,, meskipun memang kebutuhan maximalnya adalah 1 Ampere, tapi itu tidak setiap saat, pada saat normal kebutuhan power pada modem hanya kira-kira setengahnya saja,
Setelah saya perhatikan terjadinya lonjakan kebutuhan daya pada modem itu terjadi pada saat perpindahan mode signal dari UMTS/HSDPA ke GPRS/EDGE atau sebaliknya, karena kebetulan modem saya memiliki indikator berupa warna lampu yang menunjukan signal yang di terima dan kebetulan saya punya ampere meter untuk melihat kebutuhan daya.
Oh ow jika itu masalahnya maka solusi sudah di kepala,,=))
Segera saya masuk ke pengaturan modem,,,dan memindahkan Opsi Network Mode dari Auto ke UMTS/HSDPA Only karena di kota saya mode UMTS/HSDPA lebih setabil hanya sesekali saja berpindah ke GPRS/EDGE, nah jika di kota anda GPRS/EDGE nya lebih setabil maka set aja di bagian GPRS/EDGE only.
Untuk sementara ini setelah saya melakukan settup seperti di atas masih bisa manteng online,, tapi saya tahu tidak semua modem di lengkapi dengan Pilihan Network Mode dan bagi yang memiliki modem USB dengan tipe seperti ini (tidak di lengkapi pilihan Network mode) maka solusi yang masih tersisa adalah dengan menambahkan USB HUB plus AC Adaptor seperti yang saya jelaskan di atas.

No comments:

Post a Comment