Tips dan Trick Internet dan Komputer

Punya ide unik atau iseng atau info lowongan kerja, dan anda pengen diposkan disini... silakan kirim ke email kami yah!.. revieads@gmail.com

Saturday, August 27, 2011

VGA sering tidak ke detect ( tidak terbaca atau tidak terdeteksi )

Pernah gk sobat sobat sekalian mengalami ketika menghidupkan komputer seperti biasanya, komputer idup normal dan setelah beberapa lama di pake misalkan aja satu jam. trus kita sutdon. eh selang waktu satu menit kita idup kan komputer nyala tapi tampilan di monitor gk ada. ditekan caps lock di kibod nyala "ini kasus khusus komputer yang pake VGA tambahan ya... bukan yang onboard" untuk meyakin kan kabel data monitor kita pindah dari slot vga ke slot vga onboard nya. eh komputer nya normal.. Artinya VGA tambahannya gk kedetect kan... Nah ini sering di alami Komputer yang dipake berjam jam.. misal nya warnet game online.. 
Sedikit solusinya diantaranya :
Paling sering sih kalau kejadian begini nih itu artinya VGA kita kepanasan, apa lagi vga nya tidak disertai kipas kecil pendingin, VGA buatan tahun 2009 kebawah, coba deh buka cpu dan pegang VGA nya. panas banget gk? kalau iya periksa dulu kipas cooler nya apa masih muter atau da diam. kalau da diam bersihin deh kalau gk bisa juga ganti aja dengan yang baru. Atau tambah kipas cpu nya dari biasa satu atau dua menjadi tiga atau empat. biar VGA tidak panas kali..
Kalau yakin VGA nya tidak kepanasan dan kipas nya bagus muternya, coba clear aja dulu cimos nya.. caranya dengan mencabut jumper clear chimos.. kalau gk tau yang mana cabut aja dulu kabel listrik "power" dari colokannya trus liat di mother board mu pasti ada battray mirip battray jam tangan, Bulat dan tipis, pasti gampang keliatan. nah cabut aja tu battray sekitar 5 menit trus masukkan kembali. baru idup kan lagi.

Kalau masalah dan solusi diatas anda tidak pernah alami akan tetapi masalah lain perna coba deh sharing disini. bisa lewat command atau email aja biar saling berbagi. itung itung kan bagi bagi pahala lho......

17 comments:

Unknown said...

pagi,siang,sore,malam agan,ane mau nanya neh,apa seh penyebab VGA rusak?ane kan abis pindah rumah dari kota A ke kota B,jd biar ringan ane pretelin komponen PC ane casing nya gk dibawa,biar enteng dibawa,trus nyampe rumah,ane pasang lagi tu PC,eh kagak mau idup,udah dibersihin tetap gk mau,padahal ane udah very2 hati2 ngotakinnya,ditambah sterofom lagi.
mohon bantuannya ya gan,soalnya harga VGA lumayan buat nipisin dompet gan.. :)

Anonymous said...

gan , ane kn ganti vga ane .. nah pas ane masukin cpu nyala tapi ngga ada tampilan kayaknya vganya ngga ndetect gan trus ane balikin ke vga lama eh idup lagi ..
padahal seting2nya semuanya ud oke kayanya . gimana ngatasinya .

Anonymous said...

gan ane nginstall game baru terus pas proses instalasi muncul pemberitahuan dlm bahasa inggris, kayaknya artinya driver vga ane udah satu tahun yg lalu jd ga bisa n harus di update,maklum gagap bahasa inggris + gaptek. trus instalasi di batalkan, tpi setelah itu komputer jadi lambat, setelah di check di dxdiag ternyata vga ga kebaca lagi, gimana cara ngatasinya gan, mohon bntunnya gan,,,

iseng² said...

Kalau masalah vga gk deteck motherboard kemungkinan VGA yang baru itu terlalu tinggi spek nya jadi gk bisa diangkat sama MB kita, tapi jarang sih kejadiannya.. bagus cabut dan masukkan aja ulang VGa nya. kalau pun belum juga masuk dulu bios set bios nya first displau mode ke PCI atau apa aja kecuali Onboard.. gk berhasil juga reset ulang aja Bios nya dengan mereset bios ke settingan pabrik dengan mencabut jumper chiemoss atau cabut aja battray nya selama 5 menit dan masukkan lagi dan idupin lagi komputer nya... mudah mudahan berhasil

Anonymous said...

mas saya baru bersiin kompi, nah pas uda selse ane pasangin semua tuh termasuk vganya, tapi pas di coba ga tampil kelayar monitor ane kira kabel konektor dari monitornya, tapi ane coba di laptop nyala monitornya terus ane coba ke vga onbaord ga nyala juga tapi kipas vga ok, nah kalo sperti itu kenapa ya? mohon bantuan dan ilmunya gan :D Email ane saefulmufid67@yahoo.com

Anonymous said...

gan,masalah ane persih kyak yang agan tulis,vga ga k detect...ud ane cabut batterainya 5 menit,tp masih tetep ga ke detect,mhn bantuannya..

Anonymous said...

sory lupa,email ane
dieartemha@gmail.com..hatur nuhun..

D'mencho said...

terimakasih sudah memberitahu, tapi saya sudah mencoba cara yang agan beritahukan tetapi kok masih juga ga bisa yah??

Topan said...

gan kenapa ya vga saya tidak terditeck di lcd padahal kipas nyala dengan normal itu juga baru di pasang pdahal itu vga kaga panas truss saya pindah ke kabel hdmi juga kaga k diteck di lcd pdhal vga saya di coba di pc teman saya kediteck.. tolong info nya gan..

Anonymous said...

agan ane mau tanya,,
sebelumnya kan vga ane masih bisa ke detect,, tapi setelah ane shutdown. trus beberapa jam lagi ane buka lagi tu pc ane, tapi tiba2 vga nya ga ke detect, kenapa iaa gann? mohon bimbingan nya, terima kasih

Henrian nevtunz said...

gan ane da problem vga saya gak ke detect di win7 tpi klo pke os winxp ke detect tnpa merubah setingan di bios,mohon bantuanya

Unknown said...

gan ane mau tanya . jadi pertamanya masih bisa main tanpa lag. tapi abis udah lama 1 mingguan main. pas nyalain ngelag. trus restart baru ga ngelag. abis itu gitu gitu lagi

Unknown said...

mass mau nanya gmna sih klau VGAnya gk ke detek(isi simbol segitiga kuning tuh) hbis tuh main game gak bsa, nonton video lagh gmna tuh?

email: yudigoes43@yahoo.co.id

edoasetyawan@gmail.com said...

Assalamu'alaikum,
Komputer saya setiap restart kabel power vga tidak detect. Jadi selalu ada peringatan "you have not connected dst..." setiap setelah restart. Dan komputer saya bisa di pakai lagi setelah beberapa lama listrik dicabut. Ada yang tau masalah ini ga? Mohon infonya, terima kasih.

aditya said...

Sekedar tambahan.Beberapa kasus vga baru tidak terdeteksi di motherboard lama dikarenakan versi bios belum support. Bisa diselesaikan dengan update bios. Seperti contoh motherboard asus M5a78 MLx harus update bios untuk menginstall vga GTX 750ti. Semoga bermanfaat.

aditya said...

Bisa dicoba bersihkan semua konektor vga, ganti baterai cmos sekaligus clear cmos dan disetting ulang tanggal dan waktu di bios.

LOVELYZ TRILOGY said...

ok min
power supply hp
makasih banyak sudah share

Post a Comment